Mercure Hotel Karawang | Urban Living in Elite Area of Galuh Mas


Karawang! Sebuah kota yang bikin aku penasaran setiap melalui Tol Cipularang dari Bandung menuju Jakarta sewaktu kecil hingga sekarang. Yang menjadi tanda bahwa aku sedang melewati Kota Karawang adalah beberapa Pabrik Mobil dari berbagai brand dunia terlihat di sisi kiri dan kanan jalan. Dari sana aku berpikir bahwa karawang merupakan sebuah kota Industri yang pastinya selalu berkembang setiap saat dan menjadi area dimana para pekerja dari berbagai daerah dan mungkin hingga pekerja asing mengadu nasib demi sesuap nasi dan menata kehidupan masa depan mereka.

Cielah... Serius amat nih bacanya hahahaha. Eh tapi sejujurnya nih, berdasarkan prologue tadi, beneran deh setiap kali aku dalam perjalanan ke Jakarta melalui jalan tol dan melewati Daerah Karawang, aku selalu penasaran dengan wujud kota industri yang satu ini. Karena ya aku belum pernah sih berkunjung atau merasakan suasana kota dimana berbagai macam produksi berskala besar berpusat pada suatu daerah.


Hingga pada akhirnya, aku berkesempatan untuk berkunjung kesana dan merasakan suasananya langsung. Apalagi kali ini aku sambil stay di salah satu hotel yang paling favorit bagi para pekerja, atau wisatawan saat berkunjung kesana. Yup! Mercure Hotel Karawang. Kembali lagi aku dapat merasakan kehangatan dan keseruan yang baru menginap di salah satu property yang dimiliki oleh International Hotel Chain yaitu Accor Hotel....

Keseruan perjalanan staycation aku kali ini dimulai pada saat Mobil Pickup yang langsung dikirim oleh Mercure Hotel, tiba di depan rumahku. Mas Dadang sebagai staff yang menjemputku hari itu, memberikan sapaan yang sangat ramah dan hangat sehingga membuat diriku nyaman dan aman. Banyak sekali perbincangan yang terjadi selama perjalanan. Mulai dari Kota Karawang hingga Hotel Mercure Karawang sendiri yang akan menjadi rumahku selama dua malam. Perjalanan selama 2 jam berasa singkat karena banyaknya obrolan seru yang terjadi selama perjalanan bersama Mas Dadang.


Bangunan hotel yang modern serta tinggi menjulang mulai terlihat ketika mobil kami mendekati area utama Galuh Mas. Galuh Mas sendiri merupakan proyek kota Mandiri yang memadukan bisnis dan leisure ketika sobat lancong mengunjungi daerah elite yang ada di kota ini. Yang bikin aku jatuh cinta dengan kawasan ini adalah, semua hal yang kamu inginkan dapat sobat lancong penuhi. Aku menganggap daerah ini merupakan sebuah lingkaran emas. Karena lokasi hotel dikelilingi oleh 3 Mall yang memiliki berbagai fasilitas mulai dari Bioskop, retail shop, hingga pilihan kuliner yang sangat beragam. Cocok banget ketika sobat lancong ingin mencari suasana hotel yang berbeda, namun tidak perlu jauh jauh meninggalkan hotel.


Ketika sampai ke Lobby dan mendaftarkan diriku sebagai tamu hari itu pada receptionist, para staff yang ada sangat ramah dan hangat ketika menyambut kedatanganku. Bagian lobby terlihat sangat funky dan mewah dengan berbagai ornamen serta perpaduan warna yang colourful yang membuatku merasa happy ketika berada didalamnya. Celling atau langit - langit dari lobby nya sangat tinggi yang membuat kesan lapang dan nyaman. Disudut lobby terdapat lobby lounge berupa bar dan sofa yang dapat sobat lancong gunakan sebagai ruang tamu ketika kamu kedatangan rekan yang ingin berkunjung dan menemui sobat lancong. Sambil menunggu kamarku siap, aku menggunakan internet corner yang bisa digunakan bagi semua tamu.


Selama dua malam aku menginap disini, aku tinggal di dua type kamar yang berbeda. Mercure Hotel Karawang memiliki 3 tipe kamar tidur yang dapat sobat lancong pilih sesuai kebutuhan kamu. Pada kesempatan ini, aku bisa mencoba tipe kamar superior dan suite. Yuk daripada penasaran mari kita bahas satu persatu.

Superior Room


Kamar ini merupakan tipe kamar paling standard yang ada disini. Walaupun standard, aku suka banget dengan desain yang ada. Dan menurutku ukurannya sangat pas buat aku yang pada saat itu staycation seorang diri. Kasian amat ya, hehehehe.


Desain kamarnya terlihat sangat urban dari pemilihan furniture yang ada. Pemilihan warna yang sangat colourful menambah energi postif bagi siapa saja yang berada di dalamnya. Yang paling aku suka dari kamar ini adalah headboard kasur yang terbuat dari bahan kulit dengan ornamen jaitan ala celana jeans yang membuat kesan urban begitu kental terasa.


Fasilitas yang diberikan pun menurutku sangat lengkap dan sesuai standar hotel bintang 4. Di sudut kamar terdapat working desk dan juga single sofa serta meja. Kasurnya sangat empuk dan dilengkapi dengan 4 bantal dimulai dari bantal yang soft dan bantal yang lebih keras. Selimutnya pun sangat tebal dan bikin sobat lancong hangat ketika berada didalamnya. Kamar ini dilengkapi juga dengan TV yang menyediakan berbagai channel lokal dan international, kulkas mini, hingga coffee and tea maker. Wifinya pun sangat kencang karena hotel ini banyak dikunjungi oleh para pebisnis.


Desain kamar mandinya sangat simple dan modern. Kaca see through kembali dihadirkan di kamar tipe ini. Fasilitasnya pun sangat lengkap. Amenities standard mercure yang bisa aku bilang menjadi amenities favoritnya aku selama aku staycation, hairdryer hingga pilihan handuk. Air panas dan dingin keluar dengan kencang dan lancar tanpa kendala apapun.


Deluxe Room


Selanjutnya, tipe kamar deluxe  memiliki desain yang mirip dengan kamar sebelumnya. Fasilitasnya pun gak kalah lengkap dengan kamar Tipe Superior. Yang membedakan adalah luas kamar yang bisa aku bilang lega banget dan dengan tambahan sofa lebar serta meja, yang dapat sobat lancong gunakan untuk beristirahat sambil nonton tv atau menikmati hangatnya secangkir kopi setelah melalui aktivitas yang padat seharian.



Ukuran kamar mandinya pun lebih luas. Dengan fasilitas yang sama dengan type kamar superior namun dengan tambahan weight scale, atau timbangan badan.



Suite Room


Di malam kedua, aku mendapatkan upgrade kamar dari type kamar superior ke type kamar suite. Ketika membuka pintu, sobat lancong akan menemui living room dengan TV besar yang memiliki channel lokal dan international. Sofa yang besar dan empuk beserta meja aku gunakan untuk meregangkan badan setelah seharian beraktivitas. Working desk pun terdapat disini. Oh iya, di area pertama ini terdapat pula toilet yang bisa digunakan oleh kamu ataupun tamu yang berkunjung, sehingga mereka tidak perlu untuk masuk ke area kamar. 


Di sudut area living room terdapat coffee machine yang menjadi favoritnya aku sebagai pecinta kopi. Terdapat pula kulkas dan pemanas air. Selanjutnya kita masuk ke area kamar. Ukuran kamarnya menurutku sangat pas. Disudut area ini, terdapat sofa dengan meja, dan juga terdapat TV LED yang bisa sobat lancong gunakan juga. Sejujurnya aku sangat nyaman ketika berada di tipe kamar ini. Karena aku memiliki beberapa space yang bisa aku gunakan sesuai dengan kebutuhanku.



Kita lanjut bahas kamar mandinya. Sejujurnya aku minder dengan kamar mandinya, karena memiliki ukuran ruangan yang lebih luas dari kamarku dirumah, hahahaha. Kamar mandinya memiliki type pintu sliding. So, kalo sobat lancong kesini sendiri, mandi tanpa pintu tertutup menurutku bukan menjadi permasalahan.




Part favoritnya aku disini adalah bathub dengan desain modern, enak banget berendam air hangat sambil menyeruput segelas teh hangat di sore hari. Shower area dan toilet dibuat terpisah. Washtafel dengan kaca lebar membuat kesan kamar mandi disini semakin lapang. Terdapat pula hairdryer dan amenities yang sangat lengkap. Disisi kamar mandi terletak lemari yang menurtku bisa aku jadikan  walking closet untuk menaruh semua barang bawaan kamu. Terdapat pula bathrobe dan juga timbangan badan. Rasa rasanya gamau meninggalkan kamar mandi deh kalo begini caranya, hehehehe :)



FYI, Mercure Karawang ini baru saja mendapatkan penghargaan sebagai Hotel dengan desain interior terbaik se-Indonesia. Wah, pantas saja ya semua hal yang ada disini sangat dipikirkan secara matang dan terencana. Okey, kalo kita sudah bahas semua kamar yang ada disini, mari kita bahas fasilitas yang ada disini. Fasilitas yang ada disini dikelompokan menjadi beberapa bagian sesuai dengan fungsinya. Sehingga, para tamu disini akan merasa sangat nyaman.




Untuk urusan MICE, Mercure Hotel Karawang memiliki Ballroom yang sangat besar dan dapat menampung hingga ribuan orang. Akses untuk menuju ballroom nya memiliki pintu tersendiri. Sehingga, tidak akan mengganggu tamu yang akan menginap ketika sedang ada acara besar yang berlangsung. Hal ini pula, yang membuat hotel ini memiliki lahan parkir yang sangat luas. So, kamu gausah khawatir gakebagian tempat parkir ya! Ballroom ini terletak satu level dengan Lobby area.
Kita naik satu level ke lantai selanjutnya, terdapat

Metting room untuk skala kecil hingga besar. Terdapat pula executive lounge yang bisa kamu gunakan apabila ingin mengadakan jamuan kecil bersama kolegamu.



Nah naik satu level kelantai selanjutnya, sobat lancong akan menemui Entertaiment Centre. Nah ada apa aja sih di level ini, yuk kita intip satu persatu yaaa!

Swimming Pool


Unik banget sih menurutku desain dari swimming pool disini. Bentuknya seperti mangkok dan piring yang biasa mendampingi. Bagian mangkok digunakan sebagai kolam renang dewasa yang memiliki kedalaman sekitar 1.3 M, dan bagian piring berfungsi sebagai area kolam renang anak dengan kedalaman sekitar 0.5 M. Mengingat banyak keluarga yang berkunjung kesini, mereka memberikan kolam anak dengan luas yang lebih daripada hotel kebanyakan yang aku temui sebelumnya. Dipinggir kolam terdapat pula sitting area apabila sobat lancong hanya ingin sekedar duduk menikmati suasana kolam renang.


Kids Club


Buat orang tua yang kesini dalam rangka bisnis beserta anak - anak, gausah khawatir ya! Karena kamu bisa menitipkan anak kesayanganmu di Kids Club yang ada disini. Dengan fasilitas TV yang memberikan channel anak - anak, dijamin semua anak akan betah berlama -  lama disini.

Gym dan Billiard Area





Hanya tamu hotel yang dapat mengakses ruangan gym disini. Karena sobat lancong harus tap kartu 
kamar sobat lancong ketika akan menggunakan fasilitas ini. Peralatan nya menurutku cukup lengkap dari brand fitness ternama. Oh iya, terdapat pula area billiard yang bisa kamu gunakan juga loh!

M Lounge


Terdapat bar dan sofa sofa yang bikin kamu chill dan juga relax ketika berada di M Lounge ini. Jangan lupa untuk memasan minuman favorite kamu dan kudapan kecil sembari menghabiskan hari kamu ya sobat lancong.

M Spa





Pas banget nih, buat kamu meregangkan otot - otot yang kaku disini. Dengan berbagai pilihan layanan reflexology dan juga spa yang siap memanjakan sobat lancong. Terbagi menjadi beberapa area. Area sofa bed yang dapat digunakan untuk layanan reflexology dan juga kamar kamar yang bisa digunakan sebagai area spa. Beres dari sini, dijamin sobat laoncong bakal makin relax dan refresh :)

Ofuro


Gausah jauh - jauh ke Jepang untuk merasakan pemandian air panas khas negera sakura ini. Karena banyak nya warga negara Jepang yang menginap disini, maka dari itu Mercure Hotel Karawang menghadirkan Ofuro demi memanjakan semua tamu yang ada. Di Ofuro ini terdapat locker room, washing room, dan ofuro nya itu sendiri. Tak lupa sauna dengan ukuran yang besar pun tersedia disini. Gausah khawatir, karena mereka memberlakukan sistem jam bagi pria atau wanita yang ingin menggunakan fasilitas ini.



Okeeey, kalo kita udah bahas mengenai kamar dan fasilitas yang ada disini, sekarang aku bakal ngajak sobat lancong nih, untuk kulineran di Mercure Hotel Karawang. Siap-siap pada ngiler ya sobat lancong :)

Kemuning Restaurant

Kemuning Restaurant bisa sobat lancong gunakan untuk semua kegiatan makan. Mulai dari sarapan, Makan Siang, Hingga makan malam. Terdapat dua Area yang bisa mengakomodasi kegiatan makan kamu. Indoor area serta outdoor area. Sarapan disini dihidangkan secara buffet atau prasmanan. Terdiri berbagai macam jenis hidangan mulai dari Indonesia, Japanese, hingga western. Untuk momen makan siang dan makan malam sobat lancong nih, kalian bisa memilih menu all day dining yang tersedia. Overall makanannya enak - enak dengan porsi yang besar dan yang paling penting harganya sangat terjangkau :)









Kunoichi Japanese Restaurant

Nah, buat kamu pecinta makanan jepang, Kunoichi merupakan destinasi yang sangat cocok buat kamu. Karena terdapat berbagai makanan jepang dengan rasa yang authentic. Oh, iya bagi kamu yang muslim, gausah khawatir ya. Karena semua makanan yang ada disini Halal loh! Kunoichi resto terbagi menjadi dua bagian. Lantai bawah terdapat bar yang biasa digunakan untuk live cooking, mini stage dan area makan keluarga. Lalu lantai atas yang terdiri dari area makan keluarga, serta area makan private yang bisa diisi hingga 8 orang, dan memiliki fasilitas karaoke. Seru banget kaaan!












Okey sobat lancong, segitu dulu ya staycation aku di Mercure Hotel Karawang. Hotel yang terletak di lokasi emas Kota ini sangat cocok buat kamu tinggali selama stay di Karawang. Banyaknya fasilitas yang ada bakal bikin kamu betah dan nyaman selama disini.

Score Review :
Check In/Check Out        : 4/5
In Room Facilities           : 4/5
Staff                                 : 5/5
F&B                                 : 4/5
Hotel Facility                   : 5/5
Location                           : 5/5
Value For Money             : 5/5
Internet Connection         : 5/5
Total Score                      : 4.6/5

Mercure Hotel Karawang (****)
Jalan Galuh Mas Raya, Teluk Jambe Timur, Sukaharja, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361
(0267) 8638888
Instagram : klik

Instagram @fazatraveldiary : Click Here
Kerjasama : Contact Here
Youtube : search 'fazatraveldiary'

Comments

  1. Wah ulasan yang lengkap dan detail. Apalagi foto-fotonya juga menggambarkan kemewahan dari Mercure. Sebagai (yang sudah jadi) orang Karawang, jadi merasa bangga akan hadirnya hotel brand internasional ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts